Selain bawa 1.500 orang, ini 5 fakta mencengangkan kunjungan Raja Arab

Video Posted on Updated on

Selain bawa 1.500 orang, ini 5 fakta mencengangkan kunjungan Raja Arab

Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, pada 1 – 9 Maret mendatang menjadi sorotan banyak pihak. Pasalnya kunjungan ini bersejarah bagi Indonesia. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan kepada awak media, kunjungan Raja Salman Al Saud itu merupakan tindak lanjut pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Pangeran Muhames bin Salman, saat hadir di sela-sela KTT Negara-negara Group 20 (G-20), di Hangzhou, China, tahun lalu.

Namun rupanya banyak fakta menarik untuk diketahui dalam kunjungan Raja Arab tersebut. Salah satunya mengenai jumlah rombongan yang ikut ke Indonesia sebanyak 1.500 orang. Lalu apa saja fakta menarik lainnya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/2), 5 fakta menarik kunjungan Raja Arab ke Indonesia yang perlu kamu tahu.

1. Rombongan akan mampir ke Bali selama sepekan.

Rombongan Raja Arab sebanyak 1.500 orang tersebut nantinya akan singgah di Pulau Dewata, Bali untuk berlibur selama kurang lebih sepekan dari 4 – 9 Maret. Hal ini menarik karena secara tidak langsung akan menjadi promosi pariwisara Indonesia yang luar biasa. Pasalnya ini menjadi kegiatan kunjungan Raja Saudi ke Asia dengan durasi paling lama. Dengan demikian diharapkan, nantinya turis-turis dari negara-negara Timur Tengah (Middle East) banyak yang datang ke Indonesia.

2. Berkunjung lagi setelah 47 tahun.

Kunjungan pada Maret nanti, akan menjadi kehormatan bagi Pemerintahan Joko Widodo. Pasalnya kunjungan Raja Arab Saudi terakhir ke Indonesia terjadi pada tahun 1970 atau 47 tahun yang lalu, yaitu pada masa Pemerintahan Soeharto.

3. Raja Arab akan dijemput langsung oleh Presiden Jokowi di bandara.

Selama menjabat sebagai presiden, ini akan menjadi kali pertamanya tamu kenegaraan dijemput langsung oleh Jokowi di Bandara Udara. Hal ini dilakukan karena ketika berkunjung ke Arab Saudi, Presiden Jokowi juga dijemput langsung di pintu pesawat oleh Raja Salman. Sehingga dengan demikian, terlihat hubungan ini sangat dekat, sangat erat, dan sangat akrab.

4. Raja Arab akan dianugerahi bintang kehormatan tertinggi Indonesia.

Presiden Joko Widodo dalam kesempatan tersebut akan menganugerahkan bintang kehormatan tertinggi Republik Indonesia kepada Raja Salman. Bintang kehormatan ini diberikan, karena ketika melakukan kunjungan ke Arab Saudi, Presiden Jokowi juga mendapatkan kehormatan tertinggi dari Kerajaan Arab Saudi.

5. Investasi minyak dan haji gratis setiap tahun untuk keluarga Densus 88.

Kunjungan Raja Salam tersebut nantinya juga akan dilakukan penandatanganan investasi perusahaan minyak Arab Saudi bernama Aramco, di Cilacap dengan nilai USD 6 miliar. Namun Presiden Jokowi mengharapkan bahwa investasi Arab Saudi ini secara keseluruhan mencapai USD 25 miliar.

Selain terkait masalah minyak, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, (BNPT) Suhardi Alius, juga menjelaskan hasil kerjasama berkaitan dengan terorisme dan radikalisme. Salah satunya hasil kesepakatan bahwa keluarga Densus 88 yang meninggal dunia, maka orangtuanya setiap tahun akan dihajikan oleh Kerajaan Arab Saudi. Hingga saat ini, sudah ada lima orang keluarga Densus 88 meninggal yang dihajikan oleh Kerajaan Arab. Mereka dianggap sebagai syuhada, karena meninggal untuk membela negara melawan terorisme.