-

10 Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Paling Inspiratif, Siapa yang Ga Mau Kayak Mereka?

Posted on

10 Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Paling Inspiratif, Siapa yang Ga Mau Kayak Mereka?bbd82-194037_raeninaikbecak

Kata orang, mimpi harus dilakukan sebesar-besarnya, setinggi-tingginya. Salah satu mimpimu sekarang mungkin ingin mengenyam pendidikan di luar negeri. Tapi… bisa ga ya?

Hal apapun yang kamu anggap berat, sebenarnya juga dirasakan orang lain yang sekarang sudah berhasil melakukan hal tersebut. Jadi, sebelum kamu capek-capek berputus asa dan menyerah sebelum benar-benar berjuang untuk kuliah di luar negeri, mending kamu baca daftar 10 mahasiswa Indonesia di bawah ini, deh. Mereka dengan sukses dan percaya dirinya berhasil menaklukkan ketakutan terbesar mereka untuk kuliah di negeri orang!

1. Gita Savitri

Gita Savitri: The Beauty!

Ini dia, seorang social media influencer yang cukup hits di kalangan remaja penggemar YouTube, Instagram, atau yang demen nontonin Vlog! Ya, gadis manis asli Indonesia ini dikenal lewat vlog-vlog-nya yang menarik. Kenapa menarik?

Gita sekarang adalah mahasiswi yang kuliah di Jerman. Vlog yang doi bikin pun bukan vlog-vlog biasa, apalagi yang ala-ala…..hmmm… *ga dilanjutin*. Vlog-vlog Gita kebanyakan mengangkat soal kehidupannya di Jerman, soal perbedaan yang dia temuin antara Jerman dan Indonesia, dan lain-lain. Beberapa orang dengan sukarela pun menyatakan kalau mereka jadi pingin banget ke Jerman setelah ngepoin vlog-nya Gita!

GIta Savitri sempet juga muncul di sebuah program di Radio PPI Dunia. Keren, kan, ada gadis cantik, pinter, tapi juga dengan baik hati sharing soal Jerman buat kita yang ada di sini? Secara ga langsung, Gita menularkan semangat mimpinya untuk kita loh, guys! Udah sah banget ini sih jadi idaman. Cantik, pinter, inspiratif! Jangan mau kalah, dong. Kita juga harus bisa seperti Gita!

Anyway, paras Gita yang ayu ini disebut-sebut mirip sama seleb Korea, Kim Ji Won. Kalau kamu penggemar artis Korea, kamu mungkin sekarang mengangguk-angguk sambil bilang “Leh ugha…

2. Ahmad Almaududy Amri

Muda dan Hebat: Mas Dudy!

Berbeda dengan Gita, Ahmad Almaududy Amri yang biasa disapa Dudy ini memang bukan terkenal karena vlog. Tau ga: Dudy ini adalah diplomat muda yang bekerja di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, setelah sebelumnya menjadi pengacara junior di sebuah law firm di Jakarta. Hebatnya, ia menjadi lulusan termuda Sekolah Dinas Luar Negeri angkatan XXXV (Januari-Oktober 2010)!

Pernah denger dong soal PPI? Ya, Perhimpunan Pelajar Indonesia! FYI, Dudy, di tahun 2013, menjabat sebagai Ketua PPI Australia, karena ia menempuh pendidikan di sana (Wollongong University). Setahun setelahnya, ia menjadi Koordinator PPI Dunia periode 2014-2015! Kalau Gita menginspirasi lewat vlog-nya, Dudy pun ingin membagikan pengalamannya juga. Bedanya, dia menyalurkan ceritanya lewat buku. Bersama perangkat PPI Dunia di periodenya, Dudy sempat menulis buku berjudul Dari Kami untuk Negeri.

Wuih, kurang keren apa, coba? Mau banget kan jadi cowok kayak Dudy? Dijamin, nanti cewek-cewek yang nolak kamu jaman SMA bakal nyesel hahaha!

3. Janu Muhammad

Janu Muhammad, si Ahli Geografi

Pergi kuliah ke luar negeri bukanlah sesuatu yang mustahil; setidaknya bagi Janu Muhammad. Temen kita yang satu ini memulai perjalanan mimpinya lewat dateng ke pameran pendidikan Belanda di Indonesia untuk mencari info. Hasilnya, dia dapet kesempatan kuliah musim panas di sana! Wah, siapa di antara kamu yang dari dulu kepengen kuliah summer juga?

Setelah lulus dari kampusnya di Jogja, Janu ga berhenti melanjutkan cita-citanya. Dia langsung daftar LPDP dan berhasil dapet satu kursi perkuliahan di University of Birmingham, Inggris, dengan jurusan Human Geography and Planning. Gimana caranya sih, kok bisa sampai kuliah di luar negeri kayak Janu?

Kuncinya emang cuma satu: yakin. Janu sendiri membuktikan pada kita bahwa orang yang sederhana sekalipun boleh bermimpi besar. Janu juga turut membagi kisahnya untuk kita di blog pribadinya. Boleh banget jadi bahan bacaan, nih!

4. Stevan Chondro

From India to Italia with Stevan Chondro!

Sini, kenalan dulu sama Stevan Chondro! Cowok asli Indonesia ini juga jadi mahasiswa yang kuliah di negeri orang, tepatnya di Italia. Sekarang ini, Stevan Chondro punya jabatan sebagai Ketua PPI Emilia-Romagna, Italia. Sebelumnya, Stevan juga mengenyam pendidikan di India dan menjadi Ketua PPI India.

Udah pernah kuliah ga cuma di satu negara, pinter organisasi, pula! Kelihatan banget kalau Stevan ini tipikal cowo bertanggung jawab! *eaaaa*. Ditambah lagi, doi juga dikenal hobi berwirausaha dan berpengalaman jadi panitia di beberapa event kebudayaan.

Sama seperti Dudy, Stevan juga menyalurkan kisahnya kuliah di luar negeri melalui buku, yaitu Jurus Kuliah ke Luar Negeri. Hmmm apapun jurus yang dipakai Stevan, sepertinya itu ampuh untuk membawanya hingga ke negeri orang, ya!

5. Maudy Ayunda

Duh, Mod, Cantik Amat….

Hayo, kamu pasti berhenti di foto Maudy dan terkagum-kagum sendiri, ya?

Ya! Maudy Ayunda yang kita kenal sebagai selebritis tanah air ini ternyata tetap menomorsatukan pendidikannya. Sejak tahun 2013, Maudy mengambil jurusan Philosophy, Politics, and Economy di Oxford University. Bulan ini, Maudy bahkan sudah resmi dapet gelar Bachelor of Arts-nya! Keren, kan?

Sama seperti mahasiswa inspiratif lainnya, Maudy juga sering berbagi kehidupannya di Inggris sana ke para penggemarnya di Indonesia. Kamu mungkin sering liat posting-an Maudy di media sosial, baik foto ataupun video. Ga sedikit orang yang langsung ngiler pengen jadi kayak Maudy setelah ngepoin si cantik ini!

Anyway, selamat ya, Maudy!

6. Harriyadi Irawan

Terinspiratif 2015 di Australia: Harriyadi Irawan!

Nama Harriyadi Irawan mungkin belum terlalu sering kamu denger sebelumnya. Makanya sini, baca terus ya!

Harriyadi adalah mahasiswa William Angliss Institute di Melbourne, Australia. Tahu ga, ternyata dia udah pernah dapet berbagai penghargaan, yaitu sebagai Mahasiswa Internasional Terbaik tahun 2014 dan Mahasiswa Internasional Paling Inspiratif tahun 2015 pada malam penghargaan Dewan Mahasiswa Internasional Australia di Melbourne. Ga cuma itu, Harriyadi juga turut aktif dalam kepengurusan PPIA (Persatuan Pelajar Indonesia Australia).

Mahasiswa Paling Inspiratif? Emang se-inspiratif apa sih Harriyadi?

Ternyata, dibandingkan mahasiswa internasional lainnya di Australia, Harriyadi dianggap mampu menunjukkan prestasi akademis yang stabil, disertai dengan kontribusi ke sekolah secara nasional dan internasional, serta mengikuti kegiatan relawan berkelanjutan tanpa jeda. Kalau gitu sih pantesan disebut “paling inspiratif”! Kamu pasti juga mau, kan?

7. Adi Atiasa

Adi Atiasa yang Bangkit Teruuus!

Kalau kamu mengincar kuliah di Rusia, mungkin kamu pernah mendengar nama Adi Atiasa. Ya, Adi ini adalah mahasiswa S2 di Moscow, Russia.

Tapi, tahukah kamu? Sebelum berhasil jadi mahasiswa di Rusia, Adi harus mengalami drop out dari universitas di Indonesia. Kegagalan ini malah membuatnya nekat melamar S1 di India, walaupun nilai dan bahasa Inggrisnya pas-pasan. Siapa sangka, dia malah jadi lulusan terbaik di Osmania University!

Petualangan pendidikannya pun berlanjut ke Rusia, hingga tahun 2015 ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua PERMIRA (PPI Rusia). Sadar bahwa ceritanya bisa menginspirasi banyak orang, Adi, seperti Stevan Chondro, akhirnya turut ambil bagian menulis buku tentang kuliah, Jurus Kuliah ke Luar Negeri.

Dari cerita Adi, kamu sekarang tahu kan kegagalan itu bukan akhir dari segalanya?

8. Cendekiawan Suryaatmadja

Diki si Jenius, Nih!

Kamu ga salah liat: Cendekiawan Suryaatmadja, alias Diki, ini memang masih anak-anak. Usianya 12 tahun, tapi udah resmi jadi mahasiswa di Kanada! Hmm waktu kamu umur 12 tahun, kamu lagi apa? Hehehe.

Si jenius! IQ Diki pun sekitar 189 sampai 200, yang artinya memang kecerdasannya oke punya. Sebelumnya, Diki hanya menempuh SD selama kurang dari tiga tahun, mengikuti kejar paket B, lalu masuk ke SMA Kesatuan Bogor. Tak hanya itu, Diki juga mendapat bimbingan langsung dari Profesor Yohanes Surya, yang dikenal sebagai cendekia bidang Fisika di Indonesia.

Sekarang, Diki jadi mahasiswa termuda di universitasnya. Selain membanggakan orang tua, tentu aja Diki membanggakan Indonesia! Kamu yang sedang baca ini pun pasti turut bangga dan terharu, anak kecil yang ceria itu benar-benar cemerlang!

9. Merry Riana

Dari Mahasiswa sampai Motivator: Merry Riana

Kisah kesuksesan Merry Riana mungkin sudah kamu hafal di luar kepala. Pengalamannya kuliah di Singapura dinilai sangat inspiratif karena menggambarkan perjuangan yang keras.

Bayangkan saja, dikirim kuliah ke Singapura seorang diri, jauh dari keluarga, dan diberi biaya hidup pas-pasan, Merry Riana harus mampu bertahan hidup di sana! Pekerjaan-pekerjaan kecil pun ia lakoni, sambil terus berusaha menyelesaikan gelarnya. Ketika akhirnya ia berhasil menyelesaikan kuliahnya, perasaan bangga tentu aja dirasa ya, guys! Apalagi setelah itu ia dikenal sukses sebagai pengusaha dan motivator.

Gimana? Mau sesukses cewe cantik ini, kan?

10. Raeni

Raeni Akhirnya Terbang ke Birmingham!

Masih ingat sama cerita lulusan UNNES yang dateng wisuda diantar becak bapaknya? Ya, lulusan terbaik ini bernama Raeni dan merupakan putri dari seorang tukang becak. Raeni sama sekali tidak berniat merasa malu atau rendah diri atas pekerjaan bapaknya. Sebaliknya, ia dengan bangga datang ke upacara wisuda dengan kendaraan roda tiga ini.

Dengan IPK nyaris sempurna (3,96), Raeni mengundang decak kagum dan pujian dari banyak pihak. Siapa sangka, sejak lulus S1 Raeni ternyata tidak berhenti memukau? Ia belajar keras untuk meningkatkan skor IELTS-nya. Setelah itu, ia pun melanjutkan kuliah ke Birmingham, Inggris melalui beasiswa LPDP.

Sekarang, Raeni yang kita kenal sebagai lulusan terbaik dan sederhana ini sedang asyik menempuh pendidikannya di luar negeri. Kisah Raeni tentu membuat kita sadar bahwa hidup yang terkadang keras ini tetap bisa menghasilkan sesuatu yang manis jika kita mau berusaha.

Kamu bisa saja merasa bahwa mimpimu kuliah ke luar negeri itu terlalu mengada-ada. Tapi nyatanya, sepuluh orang di atas membuktikan bahwa mereka bisa dan mampu. Bahkan, beberapa di antara mereka memberikan prestasi yang membanggakan, serta berusaha keras menularkan semangatnya ke orang lain.

Kuliah ke luar negeri memang bukan hal mutlak yang harus kamu lakukan. Tapi, dengan kuliah di sana, kamu pasti tahu kenapa kesepuluh mahasiswa ini dan ratusan mahasiswa lainnya menikmati hidup mereka di sana: you’ll surely get thousand of precious lessons!

Dede Syamsul Ma'arif Al-Bantany

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu

See Red Women's Workshop

Feminist silk-screen poster collective, London 1974 -1990

Rottin' in Denmark

Is this gentleman bothering you?

Hawaii Pacific Review

Literary Journal of Hawaii Pacific University

Black. Bunched. Mass. Mom.

Raising Two Bi-Racial Boys in Suburban Massachusetts

ROAMIN' GNOMIALS

Empowered by guys in short pants to write whatever I want, whenever I want, for no money whatsoever.

not your average indian

Exploring the mind of an urban Anishinabe Syrian

J.S. Park: Hospital Chaplain, Skeptical Christian

From Devout Atheist to Skeptical Pastor: A Blog For Busted-Up, Beat-Down People (Like Me)

Planet Bell

A Travel and Photo Blog by World Traveler Jeff Bell

acoastalplot

gardening and family life by the sea

Shopfront Elegy

British commercial and industrial facades, by Vici MacDonald.

Transformative Spaces

On creating liberation spaces and lifting up voices for change.

Math with Bad Drawings

Lover of math. Bad at drawing.

brian burns

a tragic child of heterosexuals

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

CMOS Shop Talk

From the Chicago Manual of Style

Design.blog

Design, Inclusion, +/- Tech via Automattic Design

Queen Smithereen.

A Home Cook's Pop-Up Journal of Tastes & Morsels

passagesnorth.com

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu

verseherder

I like birds

LET ME BE FRANK

Reading. Writing. Parenting. Angsting.

Prajasetia's Blog

Just another WordPress.com weblog

NIHATERA

♤ N.I.H.A.T = NIAT - USAHA - SEMANGAT ♤

Tita Kurniawan

Its my blog, Its my world

Keluarga Ibrahim

Cerita Keluarga Setengah Lusin

shiq4.wordpress.com/

Blognya Penulis Artikel Freelance

motorrio

Automotive, Culinary and Ideas

PEYSBLOG

Two Wheel Sketch, Story and Analysis

Dewipuspasari's Weblog

Berbagi Seni, Budaya, Kuliner, Wisata, Buku dan Musik

Motomazine.com

update info otomotif anda di sini

AWANSAN

All About Motorcycle Car and Commercial Vehicle

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Bintangjati's Blog

Motor cycle & my diary

mumet-ndhase

mencoba stress kembali mergo kurang piknik

%d blogger menyukai ini: