Firmansyah, Calon Doktor Oxford Asal Indonesia Berusia 24 Tahun!

Posted on

Firmansyah, Calon Doktor Oxford Asal Indonesia Berusia 24 Tahun!

 1407567658.jpgKalau bicara kualitas, maka Universitas Oxford memang masuk dalam jajaran kampus bergengsi dan berkualitas di dunia. Disebut-sebut kampus yang terletak di Inggris ini dihuni oleh mahasiswa-mahasiswi pintar dari berbagai belahan dunia, termasuk artis cantik Maudy Ayunda.

Namun jika Maudy masih menempuh pendidikan di Oxford, pemuda asal Makassar bernama Muhammad Firmansyah Kasim ini bakal meraih gelar Doktor alias S3 dari salah satu kampus terbaik di Bumi itu. Firman, sebagaimana dia disebut, adalah lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sepertinya bakal menjadi salah satu pemuda terpintar negeri ini.

Firmansyah saat ada di depan CERN ©via ITB

Firmansyah saat ada di depan CERN ©via ITB

Kecintaan dan rasa penasarannya kepada ilmu Fisika membuat Firman mengejar ilmu sampai ke Oxford. Mungkin dari segi penampilan, Firman tak ubahnya pria berusia 24 tahun yang tampak sederhana dan murah senyum. Namun dari segi pengalaman, kamu yang sudah berusia di atas 30 tahun bisa saja kalah darinya.

Tercatat, Firman jadi satu dari tiga mahasiswa Indonesia yang punya kesempatan magang di CERN pada pertengahan 2013 lalu! CERN sendiri adalah organisasi penelitian nuklir Eropa yang terletak di Jenewa, Swiss. Sudah bisa dipastikan hanya orang-orang terpilih yang bisa masuk ke fasilitas bergengsi sekelas CERN. Selain magang di CERN, Firman juga pernah magang di Universitas Teknologi Malaysia (UTM).

Penasaran dengan ilmu Fisika, Firmansyah masih belum puas ©via ITB

Penasaran dengan ilmu Fisika, Firmansyah masih belum puas ©via ITB

“Saya mengejar gelar doktor ini karena masih penasaran dengan ilmu Fisika. Waktu diterima di Oxford itu saya diwawancarai pagi dan siang langsung diterima. Pengalaman magang di UTM dan CERN itu yang mungkin membantu saya masuk di Oxford. Saya masih ingin cari pengalaman di luar negeri beberapa tahun sebelum kembali ke Indonesia. Saya merasa ilmu saya masih belum seberapa. Saya akan tetap berusaha dan berpikir positif,” ujar Firman penuh semangat, seperti dilansir BBC.

Kini Firman tengah melakukan penelitian laser plasma dan eksperimen Fisika partikel di Wolfson College, Oxford. Tetap berjuang penuh semangat Firman! Kembalilah ke Indonesia dengan bangga dan bangunlah negerimu ini. (bbc/aia)

ketika citra islam yang kian hari kian memudar dan ternodai oleh fitnah2 dan maraknya aliran sesat yang terpampang dimedia2, Setidaknya saat ini kita sedikit terobati dan dapat menaruh harapan pada seorang pemuda yang bernama muhammad firmansyah kasim. Seorang warga negara indonesia muslim yang mengharumkan nama bangsa dan agama atas prestasi gemilangnya di ajang kompetisi fisika internasional yang secara tidak langsung telah memberikan sebuah angin segar bagi bangkitnya intelektual muda muslim yang disegani di mata dunia .Bagaimana tidak?..diusianya yang masih belia yakni 15 tahun atau kelas 3 smp, ia telah menorehkan prestasi gemilang di ajang olimpiade fisika internasional tingkat sma. Tidak tanggung2 dalam penampilan perdananya di olimpiade fisika Asia di kazakhstan ia berhasil meraih Medali perunggu dan telah membuat duta2 besar dan para undangan yang hadir terkagum2 padanya.Tidak lama berselang, dalam kompetisi fisika tingkat dunia di singapura ia berhasil meraih medali perak lagi2 di usianya yang masih 15 tahun atau kelas 3 smp. Saat ini ia duduk di bangku kelas 1 SMA Athirah Makassar, dan dalam kurun waktu tersebut ia telah berhasil menorehkan kembali prestasi gemilangnya dengan menggondol emas di ajang kompetisi fisika Asia ke 8 di Shanghai tanggal 22-28 April 2007 sekaligus menempatkan dirinya diurutan ke-2 sebagai peserta dengan perolehan nilai tertinggi.Dan yang lebih mengejutkan baru2 ini ia juga telah berhasil menorehkan kembali namanya sebagai salah satu jagoan fisika dunia dengan menyabet medali Emas di ajang kompetisi fisika Internasional ke-38 yang berlangsung di Isfahan, Iran, dari 13-21 Juli 2007.Sebagai catatan, keberhasilannya di kompetisi ini terhitung masih amat belia mengingat peserta yang mengikuti kompetisi ini rata2 duduk di bangku kelas 3 sma bahkan soal2 yang diujikan pun setingkat soal fisika untuk S2/S3. Sungguh mengagumkan prestasi saudara kita ini, betapa ia telah menuai kehormatan bangsa Indonesia dan Islam. Semoga tulisan ini dapat menggugah kita untuk terus bersemangat meraih prestasi mengharumkan dan membenahi bangsa dan Islam di mata dunia..^_^

Bio data:

Nama : Muhammad Firmansyah Kasim

Sekolah :SMA Islam Athirah Makassar

Propinsi :Sulawesi Selatan

IPhO :Medali Emas

APhO :Medali Emas

Prestasi Lain Medali Emas, International Junior Science Olympiad 2nd; Medali Perunggu, Asian Physics Olympiad 7th; Medali Perak, International Physics Olympiad 37th;