10 Anak Jenius yang diterima kuliah di usia kurang dari 15 Tahun

Posted on

10 Anak Jenius yang diterima kuliah di usia kurang dari 15 Tahun

Ada dari Indonesia, Arya Bagus 14 Tahun, diterima di Teknik Sipil UGM

Esther Okade bukanlah satu-satunya anak yang diterima kuliah di usia relatif muda. Di penjuru dunia lainnya ada beberapa anak yang memiliki kepintaran di atas rata-rata dan berhasil menjadi mahasiswa. Berikut daftar anak-anak jenius yang telah diterima kuliah di usia kurang dari 15 tahun:
1. Ruth Lawrence
Pada tahun 1981, Ruth berhasil menjadi sarjana termuda di Inggris setelah menyelesaikan kuliahnya di Oxford University jurusan matematika. Ia masuk kuliah di usia 10 tahun dan berhasil lulus hanya dalam waktu 3 tahun. Ia kini telah menjadi professor dan mengajar di Einstein Institute of Mathematics, Hebrew University Jerusalem.


2. Akrit Jaswal
Bocah satu ini dikenal sebagai bocah paling jenius di India. Dengan IQ 146, dia berhasil masuk Punjab University jurusan Kedokteran di usianya yang baru beranjak 12 tahun. Akrit sebelumnya memang sudah mengguncang India dengan kemampuannya mengobati orang sakit, dia berhasil melakukan operasi kepada seorang anak yang tangannya terbakar ketika berumur 7 tahun.
3. Kim Ung Yong
Kim Ung Yong mungkin menjadi anak paling jenius sedunia. Lahir pada tahun 1962, dia berhasil memecahkan rekor dunia dengan IQ-nya yang mencapai 210. Saat berusia 3-6 tahun, dia menjadi mahasiswa tamu di jurusan Fisika Universitas Hanyang Korea Selatan. Dia kemudian berhasil mendapatkan gelar Ph.D dari universitas Colorado jurusan Fisika sebelum berusia 15 tahun.

 


4. Gregory Smith
Gregory sudah menunjukkan kepintarannya sejak berusia 14 bulan dengan mampu mengingat isi sebuah buku. Dia kemudian berhasil masuk University of Virginia di usianya yang baru 10 tahun. Setelah lulus dia mendirikan organisasi anak muda internasional yang memiliki misi menampung semua ide anak muda di dunia.
5. Tanishq Abraham
Tanishq merupakan anak keturunan India yang sudah bergabung dengan Mensa sejak berumur 4 tahun. Mensa sendiri merupakan organisasi perkumpulan orang-orang ber-IQ tinggi dari seluruh dunia. Tanishq diterima di American River College jurusan Geologi dan Astronomi di usia 7 tahun dan berhasil lulus dengan IPK sempurna.

 


6. Carson Huey-You
Carson menjadi salah satu bocah ajaib yang bisa mengalahkan orang dewasa lainnya di ujian SAT (sejenis SNMPTN). Ia berhasil memperoleh nilai 1770 di ujian tersebut dimana kebanyakan siswa hanya bisa mencapai nilai 1.500. Berkat hasil ujiannya yang cemerlang, Carson akhirnya diterima di Texas Christian University jurusan Fisika Kuantum di usianya yang baru 10 tahun.
7. Michael Kearney
Bocah satu ini pernah mengalami pengalaman pahit ketika mendaftar SD. Ditolak dimana-mana karena kemampuannya yang di atas rata-rata, akhirnya orangtuanya langsung mendaftarkannya di universitas. Michael kemudian berhasil diterima menjadi mahasiswa jurusan Antropologi University of South Alabama saat berumur 8 tahun dan berhasil lulus 3 tahun kemudian.
8. Kathleen Holtz
Kathleen memulai kegiatannya sebagai mahasiswa di usia 10 tahun ketika dia berhasil diterima di California State University jurusan Filsafat. Setelah lulus, dia kemudian masuk sekolah hukum dan membuatnya menjadi pengacara termuda dunia saat berusia 18 tahun.

 


9. Colin Carslon
Colin sudah mulai menunjukkan ketertarikannya pada ilmu pengetahuan sejak balita. Saat berusia 4 tahun, dia telah melahap buku-buku ensiklopedia. Colin kemudian diterima menjadi mahasiswa jurusan ekologi dan biologi University of Connecticut dan berhasil lulus dengan IPK 3,9.
10. Arya Bagus Kevin
Di Indonesia sendiri ternyata ada anak jenius juga yang berhasil masuk kuliah di usia muda. Dia adalah Arya Bagus Kevin, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ini berhasil diterima di Universitas Gadjah Mada di usianya yang baru beranjak 14 tahun. Arya masuk SD umur 4 tahun kemudian mendapatkan akselerasi di SMP dan SMA yang kemudian bisa mengantarkannya menjadi mahasiswa di usia 14 tahun.