10 MALL TERMEGAH (DAN ANEH) DI DUNIA

Posted on

10 MALL TERMEGAH (DAN ANEH) DI DUNIA

Dikit dikit ke mall….dikit dikit ke mall….itu pastilah krisis identitas yang dialami bangsa kita sekarang. Seperti tak ada tempat wisata lain, mall menjadi tempat andalan kita untuk menguras kocek. Hal ini pun terjadi di negara2 lain dan dimanfaatkan benar2 oleh para pengembang dan investor  untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Hasilnya, dibangunlah mal2 megah ini. Namun apa benar mall2 ini membuktikan kemajuan ekonomi suatu negara? I don’t think so. Namun kemewahan dan keunikan mall2 ini patut untuk dilirik memang. Berikut ini 10 mall paling unik di dunia.

1. Sunway Piramid

800px-Sunway_Pyramid_front

Mengawali top ten kita, kuberikan mall aneh berbentuk piramid lengkap dengan seekor singa yang meniru Sphinx ini. Terletak di Malaysia, Sunway Piramida adalah mall yang menempati tanah seluas 4 juta meter persegi.

2. SM City Cebu

SM-City-consolacion-1

Tak hanya orang Indonesia saja yang kecanduan mall, orang2 Filipina malah lebih parah. Sekitar 100.000 pengunjung mendatangi mall ini pada hari biasa, dan ini baru mall keempat terbesar di Filipina.

3. Istanbul Cehavir

Di manakah mall terbesar di Eropa berada? Tidak, bukan di Inggris, Prancis, atau negara2 maju lainnya di Eropa, melainkan di Turki (kalau itu memang masuk Eropa).

4. Morocco Mall

Morocco-Mall

Bangunan yang dibangun di kota Cassablanca ini akan menjadi mall terbesar di Afrika. Saking besarnya, kamu bisa bermain scuba diving di wahana akuarium dalamnya.

5. Mall of America

mall-of-america-address

Mall ini saking besarnya mampu menampung 7 stadion baseball di dalamnya! Saking besarnya, di dalam MOA ini kamu bisa bermain roller coaster. Mall ini juga menjadi mall paling dikunjungi di dunia, sekitar 40 juta pengunjung menginjakkan kakinya di mall ini tiap tahun!

6. Mall of Emirates

Mall yang terletak di Dubai ini menawarkan sesuatu yang tak ditemukan di mall lain, yaitu lapangan ski indoor terbesar di dunia. Agak aneh memang, kalian bisa menemukan salju di mall yang terletak di Timur Tengah ini.

7. West Edmonton Mall

a97588_sm6

Terletak di kota Alberta, Kanada, mall ini merupakan mall terbesar di Amerika Utara dan memperkerjakan 23.000 orang. Saking besarnya, mall ini memiliki water park indoor sendiri. Ahkan di dalam mall ini ada DANAU yang dihuni 5 ekor singa laut. Okeeee….

8. Venetian Mall

File:The Venetian Macao SanLucaCanal.jpg

Mall ini mungkin adalah mall paling terkenal sekaligus paling romantis di dunia. Mall yang meniru konsep kota Venesia di Italia ini memiliki kembaran, yakni di Las Vegas. Yup, ini satu2nya mall dimana kamu bisa naik perahu di dalamnya.

9. Dubai Mall

Sempat memegang rekor sebagai mall terbesar di dunia, mall ini terkenal karena memiliki akuarium terbesar di dunia. Yap, ada ikan hiu di dalam mall ini. Selain itu, mall ini saking besarnya masih memiliki mall2 lagi di dalamnya, karena punya konsep “mall di dalam mall”. Buseeeet.

10. New South China Mall

800px-NewSouthChinaMall-Court

Perkenalkan, mall terbesar di dunia yang saking besarnya, sekitar 99% gerainya masih dalam keadaan kosong alias un-occupy.

a97588_sm12

Mall yang terletak di Warsawa, Polandia ini memang memiliki desain yang unik. Namanya berarti “Golden Terrace” dan resmi dibuka 2007 lalu.