Untuk mengatasi stres

Posted on

Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran Mampu Kurangi Risiko Stres
Ilustrasi makan buah dan sayuran kurangi risiko stres. (Shutterstock
 Buah-buahan dan sayuran merupakan suplemen natural untuk tubuh yang baik untuk kita konsumsi setiap hari. Kandungan vitamin dalam buah-buahan dan sayuran banyak manfaatnya untuk tubuh. Begitu beragam jenis buah-buahan dan sayuran yang dihasilkan dari setiap tempat berbeda.

Dewasa ini munculah sebuah penelitian baru, yang menyoroti kesehatan psikologis perempuan. Dalam penelitian tersebut mengklaim bahwa menambahkan 5-7 porsi buah dan sayuran setiap hari untuk diet akan membantu mengurangi stres hingga 23 persen.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa perempuan yang hanya makan 3-4 porsi buah-buahan dan sayuran dalam sehari memiliki 18 persen lebih rendah untuk mengurangi risiko stres, sedangkan bagi mereka yang makan 2 porsi buah dan sayuran setiap hari memiliki 16 persen mengurangi risiko stres.

“Kami menemukan bahwa buah-buahan dan sayuran lebih protektif bagi perempuan daripada laki-laki, hal itu menunjukan bahwa perempuan dapat mengambil manfaat lebih dari buah dan sayuran,” kata pemimpin penulis Binh Nguyen, mahasiswa doktoral di University of Sydney di Australia, dikutip dari Zeenews.  

Namun, konsumsi buah saja tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian yang lebih rendah dari stres dan tidak ada hubungan yang signifikan yang ditemukan antara tingkat yang lebih tinggi dari asupan buah dan sayuran (lebih dari 7 hari melayani) dan insiden lebih rendah dari stres.

Namun , mengonsumsi buah sendiri tidak memimiliki hubungan yang begitu signifikan dengan meminimalisir kemungkinan terjadinya stres dan tidak ada hubungan yang signifikan ditemukan antara asupan mana yang lebih tinggi, buah atau sayuran (lebih dari 7 harian penyajian) yang berfungsi meminimalisir terjadinya stres.

“Studi ini menunjukkan bahwa asupan sayuran setiap hari dengan porsi sedang saja mempengaruhi menekan tingkat stres lebih rendah. Asupan buah secara normal saja memberikan manfaat yang signifikan pada tekanan psikologis masyarakat,” kata Melody Ding dari University of Sydney.

Lebih lanjut, studi yang muncul dalam British Medical Journal Terbuka, juga mencatat bahwa bagi pria dan wanita yang makan 3-4 porsi sayuran dalam sehari memiliki risiko 12 persen lebih rendah mengalami stres dan mereka yang makan 5-7 porsi buah dan sayuran setiap hari memiliki risiko 14 persen lebih rendah mengalami stres.

Untuk penelitian ini, tim melibatkan lebih dari 60.000 warga Australia berusia 45 tahun ke atas dan peserta diukur kuantitas konsumsi buah dan sayur, faktor gaya hidup dan tekanan psikologis.